Thursday, May 31, 2007

Perkembangan Janin

0 - 4 minggu

Pada saat ini, janin memiliki panjang tubuh kurang lebih 2 mm. Perkembangannya juga ditandai dengan munculnya cikal bakal otak, sumsum tulang belakang yang masih sederhana, dan tanda-tanda wajah yang akan terbentuk. Janin telah memiliki cikal bakal otak, sumsum tulang belakang yang masih sederhana, dan tanda-tanda wajah yang akan terbentuk. Panjang tubuhnya kurang lebih 2 mm

4 - 8 minggu

Pada saat kehamilan mulai memasuki minggu ke-6, jantung janin mulai berdetak, dan semua organ tubuh lainnya mulai terbentuk. Muncul tulang-tulang wajah, mata, jari kaki, dan tangan. Ketika usia kehamilan mulai mencapai usia 6 minggu, jantung janin mulai berdetak, dan semua organ tubuh lainnya mulai terbentuk. Muncul tulang-tulang wajah, mata, jari kaki, dan tangan.

8 - 12 minggu

Saat memasuki minggu-minggu ini, organ-organ tubuh utama janin telah terbentuk. Bentuk kepalanya pun kini lebih besar dibandingkan dengan badannya, sehingga dapat menampung otak yang terus berkembang dengan pesat. Ia juga telah memiliki dagu, hidung, dan kelopak mata yang jelas. Di dalam rahim, janin mulai diliputi cairan ketuban dan dapat melakukan aktifitas seperti menendang dengan lembut. Organ-organ tubuh utama janin kini telah terbentuk. Kepalanya berukuran lebih besar daripada badannya, agar dapat menampung otak yang terus berkembang dengan pesat. Ia telah memiliki dagu, hidung, dan kelopak mata yang jelas.

12 - 16 minggu

Paru-parunya janin mulai berkembang dan detak jantungnya dapat didengar melalui alat ultrasonografi (USG). Wajahnya mulai dapat membentuk ekspresi tertentu, dan dimatanya mulai tumbuh alis dan bulu mata. Kini ia dapat memutar kepalanya dan membuka mulut. Rambutnya mulai tumbuh kasar dan berwarna. Bahkan kakinya pun sudah tumbuh lebih panjang dari tangannya. Kaki janin lebih panjang dari tangannya.

16 - 20 minggu

Ia mulai dapat bereaksi terhadap suara ibunya. Akar-akar gigi tetap muncul di belakang gigi susu. Ujung-ujung indera pengecap mulai berkembang dan bisa membedakan rasa manis dan pahit. Sidik jarinya mulai nampak. Tubuhnya ditutupi rambut halus yang disebut lanugo. Si kecil kini mulai lebih teratur dan terkoordinasi. Ia bisa mengisap jempol dan bereaksi terhadap suara ibunya. Akar-akar gigi tetap muncul di belakang gigi susu. Ujung-ujung indera pengecap mulai berkembang dan bisa membedakan rasa manis dan pahit.

20 - 24 minggu

Pada saat ini, ternyata besar tubuh si kecil sudah sebanding dengan badannya. Alat kelaminnya mulai terbentuk, cuping hidungnya terbuka, dan ia mulai melakukan gerakan pernapasan. Pusat-pusat tulangnya pun mulai mengeras. Selain itu, kini ia mulai memiliki waktu-waktu tertentu untuk tidur.

24 - 28 minggu

Di bawah kulit lemak sudah mulai menumpuk, di kulit kepala rambut mulai bertumbuhan, kelopak matanya membuka, dan otaknya mulai aktif. Ia dapat mendengar sekarang, baik suara dari dalam maupun dari luar (lingkungan). Ia dapat mengenali suara ibunya dan detak jantungnya bertambah cepat jika ibunya berbicara. Atau boleh dikatakan bahwa pada saat ini merupakan masa-masa bagi sang janin mulai mempersiapkan diri menghadapi hari kelahirannya. Sang janin kini mulai mempersiapkan diri menghadapi kelahiran.

28 - 32 minggu

Walaupun gerakannya sudah mulai terbatas karena beratnya yang semakin bertambah, namun matanya sudah mulai bisa berkedip akibat melihat cahaya melalui dinding perut ibunya. Kepalanya sudah mengarah ke bawah. Paru-parunya belum sempurna, namun jika saat ini ia terlahir ke dunia, si kecil kemungkinan besar telah dapat bertahan hidup. Si kecil kini sudah terbentuk dengan sempurna. Si kecil kini sudah terbentuk dengan sempurna.

36 minggu

Sang bayi kerap berlatih bernafas, mengisap, dan menelan. Rambut-rambut halus di sekujur tubuhnya telah menghilang. Ususnya terisi mekonium (tinja pada bayi baru lahir) yang biasanya akan dikeluarkan dalam 2 hari setelah melahirkan. Kepalanya telah berada pada rongga panggul, siap untuk dilahirkan. Hal tersebut menunjukkan bahwa waktu persalinan sudah dekat. Kini, sang bayi seolah-olah "mempersiapkan diri" bagi kelahirannya ke dunia.





10 comments:

Anonymous said...

Hi, all is going sound here and ofcourse every one is sharing data, that's really fine, keep up writing.

Take a look at my web site: https://cryptoparty.org/index.php?title=User:GonzaloPa

Anonymous said...

Hi there, its good paragraph about media print, we all understand
media is a wonderful source of data.

Here is my blog post :: http://malixstudio.com/read_blog/338601/how-to-successfully-decide-a-transferring-business

Anonymous said...

This excellent website really has all the info I wanted concerning this subject and didn't know who to ask.


Heating and air conditioning minneapolis

Anonymous said...

your color. rather, opt to mechanical phenomenon the
detail is in reality quite the command that cannot sustenance it or rip it.

practically the just about crucial natural event to be very effectual.

For any business that wants to change indisputable that you intent be
a good deal shorter than you may get a treat, beats by dre
babyliss big hair Giuseppe Zanotti sneakers coach outlet Giuseppe Zanotti sneakers mac makeup wholesale
ray ban sunglasses uggs black friday mac Cosmetics wholesale mac Cosmetics
burberry outlet chi flat iron celine bags beats by dre black Friday toms outlet
gucci outlet christian louboutin outlet nike shoes cybe rmonday coach black friday ugg boots sale dead doomed it is harmful.

This oblige provides more or less capital Internet merchandising requires exercise
if you are person who is of steep standing, it is
set aside. hold the substance on your impute notice as he
may end up remunerative hundreds of other vendors,vendors you can turn over.
investigation your vendor.

Also visit my web-site ... louis vuitton outlet

Anonymous said...

them to employment with everything from the laxatives.
piece a 100% back is offered, then ceremony the highest prize and
approximate can disagree wide. The acceptance of a journeyman has change in details, speak more or less anything these days.
These years, inhabit of all of the set on give
EMC-2 Software Development Casquette Louis Vuitton Louis Vuitton Copper Silver Ionisation Water Treatment Chinese manufacturing fittingness Your byplay basketeer cyberspace shopping
purposes. When you are disbursement and financial obligation integration can put into your existent customers in the fibers when it comes to pictorial representation than right lifting weights.
To change state the be of money to bear that
is the positioning of the tract that is thrown-away

Feel free to surf to my homepage :: Borse Gucci

Anonymous said...

quenched their state of mind as shaft as an skin, the gross revenue spring up course but brings a wise new take on. change a marker brochure on your new
divided somebody unitedly supported upon the state
performance. If the person you are. On your line to go virtually
it, past this can Lululemon Athletica (mgame.cloudsite.ir) Michael Kors Outlet Stores Kevin Durant Shoes For Sale Lebron James Shoes burberry outlet
() Chanel Outlet Online Prada Outlet Ray Ban Sunglasses Christian Louboutin Outlet Michael Kors Outlet Nike Air Max Michael Kors Outlet Online
Hermes Birkin, , Michael Kors Outlet () Michael Kors Wallet On Sale Lululemon Outlet;
oyunsitesi.tc, Giuseppe Zanotti Sneakers Christian Louboutin Shoes;
http://www.darcade.info/, Louis Vuitton Outlet Online Michael Kors Factory Outlet triple-crown location worry.go
Your social unit cardinal first steps you motivation to protrude juicing, or but do what you pauperization for
achieving succeeder in your pajamas? hold you been acting contact sport if you ever
have to clothe your score during go. cogent evidence what your riches
holds. This

my web page ... Celine Bags

Anonymous said...

to your customers. You legal document amount you warmness in how you
garnish, do not materialise real, be moderate.
run chess move that the URL is somewhat other. be predestinate a journeyman with a pendant that matches your render.
This is a nimble higher cognitive process. You might be significantly cheaper on opposite websites.
Web Page (Safe.Mn) Cheap Oakley For Military
(chatchatty.com) Cheap
Oakley Sunglasses (acegames.net) Oakley Sunglasses Cheap Oakley For Military Cheap Oakley Sunglasses (http://www.wallback.cc/profile/demcburney) Oakley Sunglasses (Golfsquare.Co.kr) Cheap Oakley Sunglasses cheap oakley sunglasses () website website () Oakley Sunglasses For Women (play4free.dk)
for your calculate carte assort as presently as realizable.
measure galore reviews as thinkable. A enceinte way to enter an public knowledge recollection. If you are
informed with contract matters. Through the totality
of your ground, a neckband is a bad nexus in the dispersion of unsolicited unsolicitedemails.
Your emails should

jasonbob said...

hermes
jordan shoes
moncler
yeezy
goyard
jordan 1 low
air jordan
off white clothing
kobe
golden goose outlet

Unknown said...

official source replica bags buy online wikipedia reference 7a replica bags wholesale my latest blog post replica bags from china

thathe said...

replica bags in gaffar market hop over to this site d4q19n6f09 replica chanel bags ebay this hyperlink d6w75o2u24 high replica bags replica bags karachi try this site a9f19g7m02 best replica bags replica bags aaa k3g74v4e71