Thursday, May 31, 2007

Meredakan Rasa Sakit Saat Kontraksi

Jangan tanya bagaimana sakitnya saat kontraksi melahirkan datang. Hanya mereka yang pernah mengalami saja yang bisa berempati betapa besarnya pengorbanan menjadi seorang ibu.

Tapi bukan berarti Anda lantas takut hamil dan melahirkan normal kan? Berbagai macam posisi yang nyaman untuk mengatasi rasa sakit saat datangnya kontraksi bisa dicoba. Suami atau anggota keluarga lain yang mendampingi bisa memberi semangat dan membantu menenangkan, serta meringankan penderitaan calon ibu dengan memijat punggung dan pinggang belakangnya.

Beberapa posisi yang dapat mengurangi rasa sakit di saat kontraksi datang, antara lain :

  1. Pada kontraksi awal, bersandarlah pada sesuatu yang ada di dekat Anda, seperti tubuh suami, dinding, dan pintu.
  1. Duduklah di kursi yang menghadap terbalik ke belakang, dan dengan kedua kaki mengangkang. Rebahkan kepala di atas tangan yang terlipat pada sandaran kursi. Alasi kursi dan sandaran kursi dengan bantal-bantal agar kepala dan tangan tidak sakit. Suami dapat memijat punggung istri.
  1. Bertahan dengan berlutut juga bisa mengurangi rasa sakit. Anda dapat berlutut, dan letakkan bantal di lantai untuk menahan lutut, dan bersandarlah pada kursi atau pinggir tempat tidur. Condongkan panggul ke depan lalu kembali ke posisi semula
  1. Berlutut di lantai dengan kaki melebar. Tumpukkan beberapa bantal besar untuk menopang tubuh. Punggung harus tetap lurus. Setelah itu duduklah dengan posisi miring di antara dua kontraksi. Naikkan pantat dengan kepala tetap di atas bantal bisa membantu mengurangi rasa sakit di punggung (karena kepala bayi yang menekan perut).
  1. Berlutut dengan bertumpu pada kedua lutut dan tangan Anda. Melakukannya di atas matras mungkin akan terasa lebih nyaman. Miringkan panggul ke depan dan ke belakang, dan tetap luruskan punggung anda. Di antara dua kontraksi, santai dan beristirahatlah dengan meletakkan kepala di atas telapak tangan Anda
  1. Minta suami untuk memijat/mengurut bagian bawah punggung Anda dengan telapak tangannya, dengan gerakan memutar membentuk lingkaran yang mantap. Taburkan bedak talk untuk menghindarkan lecet pada kulit.
  2. Minta suami memegangkan sebuah botol berisi air panas yang ditempelkan pada bagian bawah punggung Anda