Monday, June 4, 2007

Baby Blues Syndrome

Baby blues syndrome merupakan kondisi yang jamak terjadi dan mengenai hampir 50% ibu baru, yang biasa terjadi dalam 14 hari pertama setelah melahirkan dan cenderung lebih buruk sekitar hari ketiga atau empat persalinan.

Baby blues terjadi karena tubuh ibu yang habis melahirkan sedang mengadakan perubahan fisik yang besar. Hormon-hormon dalam tubuh juga akan mengalami perubahan besar dan anda baru saja melalui proses persalinan yang melelahkan. Semua ini akan mempengaruhi perasaan kita. Anda harus sabar dengan diri anda sendiri, mengerti bahwa semua perasaan ini adalah normal, dan dalam beberapa minggu segalanya akan terasa lebih baik. Normal lho bila kita punya perasaan tak mampu

Sebagai seorang ibu baru selain harus mengurus diri-sendiri, juga ada seorang bayi mungil yang membutuhkan perhatian, jadi wajar kalau hal-hal seperti bayi rewel membuat anda stres dan ikut menangis juga, apalagi jika pasangan juga tak mendukung.

Tapi tenang, baby blues dapat diatasi dengan sejumlah langkah berikut:
  1. Luangkan waktu untuk diri-sendiri. Bersenang-senang sedikit bukan dosa lho
  2. Baca majalah, dengarkan musik, berbincang dengan saudara atau teman dekat anda.
  3. Usahakan istirahat cukup. Biarkan pasangan anda atau keluarga membantu dalam urusan kegiatan rumah tangga dan mengurus si kecil sementara anda tidur.
  4. Batasi teman-teman yang akan berkunjung untuk menunggu satu atau dua minggu.
  5. Jika anda mendapati bahwa perasaan anda semakin tak menentu, sedih, bingung dan terasa sulit untuk mengurus diri anda sendiri dan keluarga, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk menentukan apakah anda terkena depresi pasca kelahiran. serta memberikan terapi yang tepat sedini mungkin.
Gejala-gejala dari depresi pasca persalinan :
  1. Dipenuhi oleh perasaan kesedihan dan depresi disertai dengan menangis tanpa sebab.
  2. Tidak memiliki tenaga atau sedikit saja.
  3. Perasaan bersalah dan tidak berharga.
  4. Menjadi tidak tertarik dengan bayi anda atau menjadi terlalu memperhatikan dan kuatir terhadap bayinya.
  5. Peningkatan berat badan yang disertai dengan makan berlebihan.
  6. Penurunan berat badan yang disertai tidak mau makan.
  7. Perasaan takut untuk menyakiti diri sendiri atau bayinya.
  8. Tidak dapat tidur.
  9. Tidur berlebihan.
Baby blues ataupun depresi pasca kelahiran bukanlah aib yang memalukan. Brooke Shields dengan gagah berani mengaku kalau dirinya mengalami depresi pasca kelahiran putrinya, Rowan.

1 comment:

Anonymous said...

This is great info to know.